DI zaman serba digital ini, harga buku ternyata terus meroket. Tentu bukan buku sembarang buku. Hanya karya-karya sastra dan ilmu pengetahuan paling berpengaruh di eranya yang jadi incaran kolektor sedunia.

Meski halamannya sudah menguning dan mengelupas di sana-sini, nilai buku-buku kuno ini ditaksir bisa sampai ratusan miliar rupiah. Tentu tak hanya nilai sejarahnya yang membuat sebuah buku diburu. Baik-tidaknya kondisi fisik buku dan tua-mudanya tahun penerbitan juga jadi pertimbangan. Bahkan manuskrip awal dari naskah buku-sebelum diterbitkan-juga dicari-cari untuk jadi barang koleksi. Berikut ini sejumlah buku yang nilainya membuat kita membelalakkan mata.

Canterbury Tales
Penulis Geoffrey Chaucer
BUKU koleksi dongeng karya sastrawan Inggris, Geoffrey Chaucer, ini amat terkenal di Eropa. Terbit pada abad ke-14, buku ini menjadi salah satu peletak dasar kesusastraan Inggris. Buku ini juga dinilai berhasil mendorong orang belajar bahasa Inggris, dan bukan hanya bahasa Latin dan Prancis yang juga mendominasi Inggris pada zaman itu. Dalam buku ini, Chaucer mengkritik gereja dan kaum pendeta Inggris yang tengah mengalami dekadensi.
Harga terakhir: Rp 71,3 miliar

Codex Leicester
Penulis Leonardo Da Vinci
BUKU ini ditulis seniman dan pemikir besar Eropa, Leonardo da Vinci, sekitar lima abad lalu. Tebalnya hanya delapan belas lembar, ditulis tangan bolak-balik. Namun isinya yang mengguncang. Dalam buku ini, Da Vinci dengan detail mencatat berbagai hasil risetnya soal astronomi, fosil, air, batu, dan cahaya. Terakhir, buku ini dibeli Bill Gates, pendiri Microsoft.
Harga terakhir: Rp 310 miliar

Birds of America
Penulis John James Audubon
Hampir dua ratus tahun lalu, buku tentang burung-burung eksotis di seantero Amerika ini terbit pertama kali. Penulisnya, John James Audubon, memang peneliti yang jago melakukan riset di alam bebas. Kebetulan dia juga pelukis andal. Karena itulah buku besar ini penuh dengan ilustrasi menarik. Berbagai jenis burung yang dia temukan dalam perjalanannya ke pedalaman Amerika dilukis secara terperinci dan berwarna dengan ukuran sebenarnya. Karena itu, ukuran halamannya 60 x 90 sentimeter, termasuk di atas rata-rata.
Harga terakhir: Rp 97,9 miliar

Gutenberg Bible
Naskah ini menjadi incaran para kolektor bukan karena isinya yang berbeda dengan Injil kebanyakan. Para pemburu Injil ini lebih mempertimbangkan nilai historis pencetakan dan nilai estetikanya. Inilah kitab Injil pertama yang dihasilkan dengan mesin cetak Gutenberg, pada 1450. Diperkirakan saat ini di dunia hanya ada 21 kitab Injil Gutenberg yang tersisa. Terakhir dilelang lebih dari 30 tahun lalu.
Harga terakhir (1978): Rp 21 miliar

First Folio  
Penulis William Shakespeare
Buku ini berisikan karya-karya terbaik sastrawan Inggris, William Shakespeare. Total ada 36 naskah drama, termasuk naskahnya yang terkenal: Much Ado About Nothing. Buku ini diterbitkan pertama kali pada 1623 dengan lebih dari 900 halaman. Dari seribu eksemplar yang pernah dicetak, sekarang tinggal seperlimanya yang masih eksis. Sebagian besar menjadi koleksi perpustakaan, seperti di Meisei University di Jepang.
Harga terakhir: Rp 53,2 miliar


0 Responses so far.

Posting Komentar